Dekom TASPEN Tingkatkan Akuntabilitas dengan Dashboard Digital
PT TASPEN (Persero) terus melakukan perbaikan dalam tata kelola perusahaan dengan memanfaatkan transformasi digital. Salah satu inisiatif yang diluncurkan adalah TASBOARD (TASPEN BoC Oversight Dashboard) versi 1.0. Inovasi ini dirancang untuk meningkatkan fungsi pengawasan dan efektivitas kinerja Dewan Komisaris TASPEN dalam menjalankan tugasnya.
Peluncuran TASBOARD dilakukan dalam acara Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) TASPEN Tahun 2025. Keberadaan dashboard ini menjadi langkah nyata dari Dewan Komisaris TASPEN dalam mewujudkan transparansi, kecepatan, serta akuntabilitas dalam setiap proses pengawasan.
Komisaris Utama TASPEN, Fary Djemy Francis menyampaikan bahwa TASBOARD merupakan wujud nyata dari digitalisasi pengawasan. Dengan sistem ini, pemantauan kinerja dapat dilakukan secara real-time dan transparan. Hal ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat, terukur, dan efektif, sekaligus memperkuat kolaborasi antar organ Dewan Komisaris.
Selain itu, Direksi TASPEN juga diuntungkan karena tanggapan dari Dewan Komisaris atas permohonan mereka diharapkan dapat diterima lebih cepat dan segera ditindaklanjuti. “Melalui inovasi ini, Dewan Komisaris TASPEN ingin memastikan bahwa setiap isu dan arahan strategis dapat dimonitor secara transparan dan akuntabel, sekaligus mampu meningkatkan kualitas pemberian nasihat kepada Direksi TASPEN,” ujar Djemy dalam keterangan resmi.
TASBOARD dilengkapi dengan lima fitur utama yang dirancang untuk mendukung pengawasan yang lebih baik, yaitu:
- Pemantauan progres arahan Dewan Komisaris TASPEN untuk memastikan tindak lanjut yang terukur.
- Monitoring progres isu strategis untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan.
- Monitoring persuratan untuk meningkatkan pengawasan atas hal-hal yang perlu ditindaklanjuti Dewan Komisaris TASPEN.
- Data kinerja Perseroan yang memberikan gambaran komprehensif mengenai capaian kinerja TASPEN.
- Notifikasi dan pengingat untuk mendukung pengawasan yang proaktif dan responsif.
Dengan menggunakan dashboard ini, Dewan Komisaris TASPEN dapat memantau secara real-time berbagai aspek strategis yang masuk dalam lingkup pengawasan, seperti permohonan persetujuan/rekomendasi dari Direksi TASPEN atas rencana korporasi maupun isu strategis. Setiap item dilengkapi dengan status, target waktu (SLA), notifikasi/pengingat, dan rekam historis yang jelas, sehingga respon Dewan Komisaris TASPEN kepada Direksi TASPEN diharapkan menjadi lebih cepat dan terukur.
Implementasi TASBOARD diharapkan semakin memperkuat kemampuan Dewan Komisaris TASPEN dalam memberikan nasihat dan rekomendasi kepada direksi. Hal ini akan mendukung tercapainya visi TASPEN sebagai Perusahaan Asuransi Sosial dan Dana Pensiun yang unggul, terpercaya, dan berkelanjutan demi mewujudkan kesejahteraan Peserta serta memberikan nilai tambah ekonomi dan sosial bagi Indonesia.
Sejalan dengan tema RAKERNAS TASPEN 2025, “Grow with Excellence”, peluncuran TASBOARD menjadi tonggak penting dalam transformasi digital di lini pengawasan sekaligus penguatan mutu tata kelola perusahaan. Langkah ini mendukung semangat pembangunan nasional dan Asta Cita yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia, khususnya dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan publik, memperluas jangkauan perlindungan sosial, serta memperkuat tata kelola perusahaan yang transparan dan akuntabel.