Dorong Inovasi Merek Lokal di Dunia Melalui Summit 2025
3 mins read

Dorong Inovasi Merek Lokal di Dunia Melalui Summit 2025

Tren dan Inovasi di Dunia Bisnis Indonesia

Dalam era modern, pelaku bisnis di Indonesia dituntut untuk terus beradaptasi dengan tren, inovasi, dan pola konsumsi baru yang muncul di berbagai belahan dunia. Untuk itu, Katadata Indonesia bersama OMG Consulting dan Trendwatching menghadirkan Trend Maker Summit 2025 sebagai ruang inspirasi dan pembelajaran bagi para pemimpin industri.

Konferensi ini akan digelar di Jimbaran, Bali pada 27-28 November 2025. Pendiri OMG Consulting, Yoris Sebastian, menjelaskan bahwa Trend Maker Summit 2025 juga menjadi ajang bagi perusahaan-perusahaan Indonesia yang telah berhasil menciptakan inovasi nyata. Ia menyebutkan bahwa konferensi ini menjadi wadah pertemuan di mana keahlian global berpadu dengan peluang lokal, memungkinkan bisnis, pembuat kebijakan, dan inovator untuk memahami dan bertindak atas kekuatan yang membentuk masa depan.

Trend Maker Summit 2025 juga bertujuan untuk membekali peserta dengan visi dan strategi yang dapat diterapkan. Yoris menambahkan bahwa konferensi ini merupakan pertama kali di Indonesia yang merayakan inovasi yang dilakukan oleh merek lokal. Di tingkat global, tahun 2026 diprediksi menjadi tahun krusial. Konsumen akan semakin menuntut solusi yang tidak hanya praktis dan berorientasi digital, tetapi juga berkelanjutan, inklusif, dan relevan secara budaya.

Karena itu, bisnis dan pembuat kebijakan yang memahami pergeseran masa depan ini akan memperoleh keunggulan kompetitif dalam membangun kepercayaan, loyalitas, dan dampak jangka panjang.

Manfaat Inovasi dalam Bisnis

Inovasi memiliki dampak positif besar terhadap bisnis dengan meningkatkan daya saing, memungkinkan perusahaan menciptakan produk dan layanan unik untuk membedakan diri dari pesaing. Selain itu, inovasi juga mendorong pertumbuhan bisnis dengan menemukan peluang pasar baru, memperluas jangkauan pasar, serta meningkatkan pendapatan dan profitabilitas.

Inovasi juga meningkatkan efisiensi operasional melalui proses yang lebih baik dan otomatisasi, yang pada akhirnya dapat mengurangi biaya. Yoris menjelaskan bahwa inovasi menjadi kunci utama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Peran Merek Lokal dalam Inovasi

Chief Operating Officer Katadata Indonesia, Ade Wahjudi, menyampaikan bahwa merek-merek lokal harus terus melakukan inovasi yang terus menerus agar bisa tetap bertahan menghadapi persaingan di lokal dan global. Karena itu, Trend Maker Summit 2025 merupakan ajang yang sangat penting bagi merek lokal untuk menunjukkan keberhasilan mereka dalam melakukan inovasi yang berkelanjutan.

Ia menegaskan bahwa dunia bisnis bergerak cepat. Lewat Trend Maker Summit 2025, Katadata, OMG Consulting, dan Trendwatching membuka ruang bagi pelaku usaha Indonesia untuk menangkap tren global, berinovasi tanpa henti, dan mengukir prestasi yang layak diapresiasi.

Tujuan dan Fungsi Trend Maker Summit 2025

Ade menambahkan bahwa Trend Maker Summit 2025 bertujuan untuk memberikan wawasan tren konsumen dan peluang inovasi paling signifikan pada 2026 serta mengubah wawasan ini menjadi strategi, inovasi, dan kebijakan yang dapat diterapkan serta disesuaikan dengan konteks Indonesia. Selain itu, ajang ini juga merupakan salah satu momen untuk merayakan tren dan juga inovasi yang sudah dilakukan oleh merek-merek lokal.

Melalui pendekatan ini, Trend Maker Summit 2025 akan memberdayakan peserta – mulai dari merek dan inovator hingga pembuat kebijakan – tidak hanya untuk tetap relevan tetapi juga untuk membentuk masa depan bisnis dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bergabung bersama kami, dapatkan kupon diskon untuk isi ulang game murah! Nikmati fitur menarik kami:

0

Subtotal