Dukung Wisata Indonesia, Trip.com Buka Kantor Baru di BSD
Ekspansi Bisnis Trip.com di Indonesia
Trip.com, salah satu penyedia layanan perjalanan online internasional, baru-baru ini mengumumkan pembukaan kantor baru di Indonesia. Kantor tersebut berlokasi di Trembesi Tower, BSD, Tangerang Selatan, Banten. Pembukaan kantor ini menjadi bagian dari rencana ekspansi bisnis Trip.com di negara ini.
Edmund Ong, Senior Regional Director Asia Tenggara Trip.com, menjelaskan bahwa ekspansi ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan pasar utama bagi Trip.com di kawasan Asia Tenggara. \”Indonesia memiliki populasi yang melebihi 280 juta dan ambisi besar untuk menjadikan pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi serta penciptaan lapangan kerja,\” ujarnya dalam acara Media Briefing di kantornya, Kamis (2/10).
Selain Bali, banyak kota-kota besar di Indonesia yang menjadi tujuan wisata, seperti Batam, Bintan, Medan, Surabaya, dan Bandung. Edmund menilai bahwa negara ini menawarkan peluang besar bagi inovasi dan pertumbuhan pariwisata.
Fungsi dan Tujuan Kantor Baru Trip.com
Krishna Arya, General Manager Trip.com Indonesia, menjelaskan bahwa kantor baru ini akan menjadi pusat utama yang menampung tim inti dari sisi Business Development, Marketing, Sales, hingga layanan pelanggan. \”Kantor ini menegaskan keyakinan kami terhadap potensi besar sektor pariwisata Indonesia,\” ujarnya.
Menurut Krishna, kehadiran Trip.com di Indonesia bertujuan untuk mempercepat pengembangan industri perjalanan dan pariwisata dalam negeri. Selain itu, perusahaan ingin mendorong kolaborasi yang lebih intens dengan seluruh ekosistem perjalanan di tanah air. \”Kantor ini juga memungkinkan Trip.com untuk memiliki akses yang lebih dekat dengan lembaga pemerintah, mitra perhotelan, maskapai penerbangan, serta penyedia layanan perjalanan lainnya guna memperdalam kemitraan,\” tambahnya.
Peran Kantor di Tangerang
Sebagai perusahaan multinasional, kantor baru di Tangerang menjadi kantor kedua Trip.com di Indonesia setelah Bali. Diharapkan, kantor ini dapat mempercepat pertumbuhan Trip.com di pasar Indonesia. \”Dengan lebih banyaknya staf yang akan bergabung dalam beberapa tahun mendatang untuk semakin memperkuat kehadirannya di Nusantara,\” ujar Krishna.
Kedua kantor ini didukung oleh pusat layanan pelanggan 24 jam berbahasa lokal dan didesain untuk memberikan dukungan sesuai kebutuhan perjalanan bagi warga Indonesia.
Data Kunjungan Wisatawan
Hingga Agustus 2025, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 1,51 juta kunjungan, naik 12,33 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) pada Agustus 2025 juga meningkat menjadi 93,57 juta perjalanan atau 23,31 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Jumlah perjalanan wisatawan nasional (wisnas) pada Agustus 2025 mencapai 684,93 ribu perjalanan, atau naik 5,61 persen.
Data ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam sektor pariwisata di Indonesia, yang diharapkan dapat terus berkembang dengan dukungan perusahaan seperti Trip.com.