Perusahaan Indonesia Jual 69% Saham ke Visionary Capital
PT Platinum Wahab Nusantara Tbk (TGUK), sebuah perusahaan yang mengelola Teguk Indonesia, telah menandatangani adendum perjanjian jual-beli bersyarat dengan Visionary Capital Global Pte. Ltd., sebuah perusahaan terbatas asal Singapura. Dalam kesepakatan ini, TGUK melepas 69,34 persen saham milik PT Dinasti Kreatif Indonesia sebagai pemegang saham mayoritas kepada Visionary Capital Global.
Direktur Utama TGUK, Maulana Hakim, menyampaikan bahwa rencana pengambilalihan saham ini masih dalam proses pemenuhan persyaratan pendahuluan. \”Sebagaimana diatur dalam PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli),\” ujarnya dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat, 3 Oktober 2025.
Manajemen TGUK menjelaskan bahwa jika transaksi selesai, Visionary Capital Global akan secara otomatis menjadi pengendali perseroan. Saat ini, kedua pihak masih dalam negosiasi terkait nilai transaksi. Setelah pengambilalihan selesai, Visionary Capital Global sebagai pengendali baru TGUK wajib melakukan tender sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 9 Tahun 2021.
\”Pada tanggal pengumuman ini, Perseroan tidak memiliki, baik langsung maupun tidak langsung, saham yang diterbitkan oleh TGUK,\” kata manajemen TGUK. Mereka juga menegaskan bahwa pelaksanaan pengambilalihan dan penawaran tender harus mengikuti seluruh ketentuan pasar modal yang berlaku.
Pada tahun 2023 lalu, TGUK resmi melaksanakan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Teguk Indonesia mendapatkan antusiasme tinggi dari para investor hingga oversubscribed hingga 159,91 kali. Ketika itu, sebanyak 26,5 miliar saham TGUK bisa dikapitalisasi menjadi modal segar sebesar Rp 2,9 triliun.
Teguk Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Food and Beverage dan telah mengantongi sertifikat Halal dari LPPOM-MUI dengan nomor LPPOM-00160143770322 dan termasuk kategori A atau sangat baik. Kini Teguk memiliki lebih dari 150 gerai di seluruh Indonesia serta ekspansi ke New York, Amerika Serikat.
Sesuai dengan prinsipnya, Teguk terus berinovasi untuk menciptakan menu berdasarkan consumer behavior dan perkembangan tren agar dapat menjangkau market yang lebih besar. Perusahaan ini fokus pada inovasi produk dan pelayanan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai daerah. Teguk juga aktif dalam menghadapi perubahan tren industri makanan dan minuman dengan menawarkan produk-produk yang sesuai dengan preferensi konsumen modern.
Selain itu, Teguk Indonesia juga mengedepankan kualitas dan keamanan produk, seperti sertifikasi halal yang menjadi salah satu faktor penting dalam membangun kepercayaan konsumen. Dengan strategi bisnis yang kuat dan komitmen terhadap inovasi, Teguk Indonesia terus berusaha untuk memperluas pangsa pasarnya dan menjadi salah satu merek ternama di industri F&B nasional.
Dengan adanya perubahan kepemilikan saham ini, TGUK diharapkan dapat memperkuat posisi perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Visi dan misi perusahaan tetap berfokus pada pertumbuhan berkelanjutan, inovasi, serta kepuasan pelanggan. Teguk Indonesia terus berkomitmen untuk menjaga kualitas dan standar layanan yang tinggi agar dapat memenuhi ekspektasi pasar dan investor.