Vidio dan Shopee Perkenalkan Vidio Shopping, Belanja Sambil Nonton Favorit
Vidio Shopping: Integrasi Hiburan dan Belanja Online yang Lebih Praktis
Platform hiburan berbasis over-the-top (OTT) lokal terdepan di Indonesia, Vidio, resmi meluncurkan fitur Vidio Shopping. Fitur ini merupakan kolaborasi strategis dengan perusahaan e-commerce Shopee, yang menggabungkan hiburan premium dan kemudahan berbelanja online dalam satu layar.
Lewat fitur Vidio Shopping, penonton bisa langsung membeli produk yang muncul dalam tayangan favorit tanpa harus beralih aplikasi. Kehadiran fitur picture-in-picture (PIP) membuat tayangan tetap berjalan sembari penonton berbelanja. Dengan demikian, penonton bisa berbelanja sambil tetap terhibur.
Managing Director Vidio Hermawan Sutanto menyatakan bahwa fitur ini merupakan terobosan penting. Vidio Shopping menjadi langkah nyata Vidio untuk mengintegrasikan hiburan dengan gaya hidup digital. “Melalui kolaborasi ini, kami menghadirkan cara belanja yang lebih personal, kontekstual, dan menyenangkan, langsung dari tayangan favorit penonton. Dari tayangan olahraga, seperti Premier League hingga Vidio Original Series, penonton setia Vidio bisa menonton sambil check-out,” ujarnya.
Senior Director of Business Development Shopee Indonesia Adi Rahardja menambahkan, fitur Vidio Shopping menawarkan cara baru berbelanja di Shopee dengan lebih interaktif, seamless, dan menyenangkan. “Sebagai mitra strategis, Shopee turut memperkuat kolaborasi tersebut dengan ekosistem e-commerce yang terintegrasi dan didukung teknologi canggih,” tuturnya.
Nonton Sembari Check-Out Produk Favorit
Berbeda dengan platform berbasis user generated content (UGC), konten di Vidio sudah terkurasi sehingga produk yang ditampilkan muncul dalam ruang aman, berkualitas, dan merepresentasikan brand secara optimal. Produk hadir di momen paling relevan dan terhubung langsung dengan katalog Shopee sehingga pengalaman belanja lebih praktis tanpa mengurangi keseruan menonton.
Pada versi Alpha yang dirilis Juli 2025, integrasi ini sudah diterapkan pada tayangan unggulan, seperti Premier League, Asmara Gen Z, serta berbagai judul Vidio Original Series. Penonton bisa membeli beragam produk, mulai dari kecantikan hingga gadget, langsung melalui Shopee tanpa meninggalkan layar.
Beberapa brand juga sudah bergabung dalam ekosistem content commerce antara lain adalah Wondermist, FFAR, Majika, Wardah, Emina, Kahf, Make Over, Samsung, Somethinc, Amaterasun, Hint, Nivea, Eiger, Colorbox, dan The Executives.
Pertumbuhan Signifikan Sejak Fase Beta
Sejak memasuki fase Beta, Vidio Shopping menunjukkan pertumbuhan signifikan. Jika dibandingkan bulan sebelumnya, jumlah rata-rata produk yang terjual harian naik hingga 41 persen pada September 2025. Bahkan, saat momentum Payday, penjualan meningkat hingga 47 persen.
Tayangan sinetron dan K-Drama menjadi favorit penonton untuk berbelanja produk kategori Fashion & Beauty dengan transaksi 1,5 kali lebih banyak ketimbang genre lain. Sebagai home of sports, tayangan olahraga, seperti Premier League dan BRI Super League, juga menarik minat penonton untuk berbelanja. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas belanja sepanjang tayangan olahraga.
Untuk kategori Moms & Kids, tayangan anak-anak dan animasi mencatat konversi tertinggi, yakni 1,2 kali lebih tinggi jika dibandingkan konten lain.
Membuka Peluang Ekonomi Baru
Adi Rahardja kembali menjelaskan, kolaborasi ini tidak hanya memudahkan masyarakat menemukan beragam produk favorit sambil menonton tayangan premium. Lebih dari itu, kemitraan dengan Vidio juga membuka peluang besar bagi brand lokal dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menjangkau audiens lebih luas.
“Kami berharap, fitur ini bisa menjadi kesempatan besar bagi pelaku usaha lokal dalam mengembangkan bisnis serta terhubung dengan konsumen melalui medium yang relevan,” terangnya.
Pada peluncuran ini, dua brand lokal milik artis ternama ikut diperkenalkan, yakni Manifest milik Wulan Guritno dan Denyut Semesta karya Asri Welas.
Mengenal Brand Lokal yang Hadir di Vidio Shopping
Sebagai informasi, Wulan Guritno, Asri Welas, dan Masayu Anastasia tengah membintangi Vidio Original Series Mama-Mama Pengejar Cinta (MMPC). Serial ini mengisahkan tiga sahabat yang mencari arti cinta dan kebahagiaan di usia matang. Cerita yang penuh humor dan momen menyentuh ini menggambarkan bahwa “life begins at 40” merupakan kesempatan nyata untuk bangkit, mandiri, dan mengejar mimpi.
Wulan Guritno membawa semangat tersebut ke dalam brand lifestyle Manifest. Ia memperkenalkan rangkaian produk parfum, diet, dan detoks saat peluncuran Vidio Shopping. Wulan menjelaskan, Manifest lahir dari keyakinan bahwa kecantikan adalah ritual keseimbangan hidup, bukan sekadar penampilan. “Kami senang sekali bisa meluncurkan Manifest melalui Vidio Shopping x Shopee, sehingga semakin banyak orang bisa menjadikan produk kami bagian dari perjalanan mereka menuju hidup sehat dan berdaya,” kata Wulan.
Sementara itu, Asri Welas memperkenalkan lini fesyen Denyut Semesta yang lahir dari kepeduliannya terhadap alam, sesama, dan kehidupan. Koleksi brand-nya menggunakan bahan dari limbah tekstil yang didaur ulang menjadi kapas, benang, lalu ditenun kembali menjadi kain indah dan diekspresikan melalui batik.
Asri menyatakan, melalui Denyut Semesta, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk lebih peka terhadap alam dan sesama. Limbah tekstil yang kerap menjadi masalah bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat dan indah. “Senang sekali karya ini bisa hadir bersamaan dengan peluncuran fitur Vidio Shopping kolaborasi dengan Shopee sehingga semakin banyak orang bisa mengenal, mendukung, dan sekaligus memiliki produk yang lahir dari kepedulian terhadap bumi,” tutur Asri.
Sudah siapkah kamu untuk menonton tayangan favorit di Vidio sembari check-out? Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai fitur Vidio Shopping, sila kunjungi laman Shopee Vidio Shopping. Unduh aplikasi Vidio dan Shopee di App Store atau Google Play untuk menikmati pengalaman belanja yang lebih praktis.